Selasa, 17 November 2020

Beragam Produk yang Menjadi Komoditas Ekspor Indonesia ke Thailand

Salah satu kerjasama diantara negara ASEAN yaitu ekspor Indonesia ke Thailand. Berbagai komoditi unggulan produk Indonesia senantiasa ditingkatkan untuk dapat di distribusikan dalam skala internasional. Adapun usaha yang dilakukan untuk mencapai  pasar global dirintis oleh Indonesia melalui ekspor komoditi unggulan yang di produksi dalam negeri.


Salah satu daerah yang memiliki komoditas unggulan dalam bisnis ekspor ke Thailand yaitu Bali. Tercatat kenaikan ekspor produk perhiasan atau permata menempati posisi teratas dibandingkan produk lainnya yang diekspor ke Thailand pada Juni 2020. 

Pencapaian ini tentunya dicapai oleh Provinsi Bali melalui kerja keras dan strategi pasar yang tepat. Kali ini akan dibahas mengenai produk unggulan Bali ke Thailand antara lain sebagai berikut. 

Kerajinan Tangan
Bali dan pesona alamnya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Daya tariknya yang asri nan indah berhasil menarik turis hingga mancanegara. Selain itu, budaya khas Bali tentunya tidak kalah cantik. Kerajinan tangan dalam bentuk souvenir, tas, aksesoris dan sebagainya juga memiliki ciri khasnya sendiri.

Kabar baiknya adalah kerajinan tangan khas Bali juga berhasil menembus pasar internasional. Mulai dari anyaman rotan, kain lilit dan sebagainya telah memiliki rekam jejaknya hingga ke luar negeri termasuk Thailand. Estetika produk yang dihasilkan oleh pengrajin Bali juga memiliki kualitas unggul sehingga pasar internasional tertarik untuk impor langsung dari Bali.

Bawang Merah
Kondisi tanah di beberapa daerah sekitar Bali sangat mendukung untuk mengembangkan bisnis di bidang perkebunan. Salah satu komoditi unggulan ekspor Indonesia ke Thailand tepatnya dari Provinsi Bali yaitu bawang merah. 

Produk ini menjadi salah satu produk unggulan dari Bali dengan kualitas ekspor. Jumlah permintaan bawang merah dari petani Thailand juga senantiasa meningkat. Diharapkan kerjasama ini untuk terus berjalan stabil sehingga mampu saling mendukung antara Indonesia dan Thailand dalam bidang ekonomi.

Beras Merah Organik
Adapun produk unggulan ekspor Indonesia ke Thailand lainnya yang cukup bersaing kuat dalam pasar internasional yaitu beras merah organik. Banyak sekali usaha berbasis organik yang berasal dari Bali. Hal tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Keasrian daerah di Bali mendukung gaya hidup untuk mengkonsumsi makanan organik. Dengan demikian kualitas beras merah organik asal Bali ini juga mampu bersaing di kelasnya.

Hubungan kerjasama dalam ekspor Indonesia ke Thailand berupa beras ini diimbangi dengan impor beras putih dari Thailand. Meskipun jumlahnya tidak sebanding, namun kestabilan produk beras merah organik diharapkan menjadi pioner untuk membawa komoditi lainnya untuk dapat di ekspor ke luar negeri termasuk Thailand. Dari pembahasan diatas dapat menjadi pembelajaran dan tambahan pengetahuan akan potensi dalam negeri untuk bersaing di pasar internasional. 

This Is The Newest Post